Peduli Keselamatan Warga Babinsa Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Cuaca Ekstrem

Iklan Semua Halaman

Peduli Keselamatan Warga Babinsa Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Cuaca Ekstrem

Berita Militer
2/01/21
Kodim Saumlaki-. Melalui rutinitas Komsos di wilayah binaan, Babinsa Jajaran Kodim 1507/Saumlaki terus menghimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi, seperti dilakukan oleh Kopda Kaleb Fordatkosu anggota Babinsa Koramil 1507-01/Larat yang melaksanakan Komsos bersama masyarakat binaan Desa Alusi Krawain Kecamatan Kormomolin Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Senin (01/02/2021).

Kondisi cuaca yang berubah ubah yang terjadi pada awal tahun dan mengakibatkan potensi banjir serta banjir Rob dan tanah longsor, personil Babinsa Jajaran Kodim 1507/Saumlaki terus mengoptimalkan pelaksanaan Komsosnya ,untuk mengantisipasi dan mengingatkan warga agar lebih waspada dengan kondisi alam saat ini. Dalam cuaca yang ekstrem dan berubah ubah ini banyak menimbulkan berbagai musibah yang terjadi, seperti halnya banjir serta banjir Rob, tanah longsor dan banyak terjadinya pohon yang tumbang, karena curah hujan tinggi disertai angin kencang serta gelombang yang kuat di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.



“Kejadian alam ini memang tidak bisa kita cegah, namun setidaknya kita dapat meminimalisir jatuhnya korban melalui kewaspadaan dan antisipasi, yaitu dengan melakukan pembersihan sungai maupun selokan serta pembuatan kolam kecil untuk menampung Rob , agar dapat mengalirkan air dengan baik dan mengimbau warga yang tinggal di lereng maupun bantaran sungai dan pesisir pantai agar lebih berhati-hati atau mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujar Babinsa.

“Sebagai Babinsa Saya mempunyai tugas dan tanggung jawab melindungi keselamatan warga, semoga dengan himbauan ini dapat menggugah kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, terutama sungai maupun selokan dan pantai karena fungsinya sangat besar untuk mencegah banjir. Saya juga menyampaikan kepada warga, bila terjadi perkembangan situasi untuk segera melapor ke kami, aparat desa maupun polsek agar dapat segera diambil langkah cepat untuk menanganinya,” pungkasnya.